Laporan
Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
|
:
|
Yudi Riyadi
|
NIM/ No. Registrasi
|
:
|
11031410
|
Alamat email
|
:
|
myudiriyadi@gmail.com
|
Program/ Opsi
|
:
|
TKJ
|
Masa Persiapan Hari ke-
|
:
|
7
|
USBJJ
|
:
|
SEAMOLEC
|
Aktivitas
Belajar di Kelas
|
|||||
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi
perkuliahan tadi (100-200 kata).
Assalamu Alaikum Wr. Wb
Pada kegiatan belajar yang ke tujuh ini kita akan
mempelajari tentang Blender. Namun sebelum kegiatan pembelajaran di mulai kita
mengadakan percakapan Bahasa inggris terlebih dahulu.
Sejarah
Blender
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum. Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender. Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).
Untuk
spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah
sederhana
Target di
profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi
3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan
mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran
yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk
pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan,
editing non-linear, scripting, composite. Blender tersedia untuk berbagai
sistem operasi, seperti:
Blender memiliki fitur sama kuat mengatur
dalam lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti Softimage
| XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.
Perangkat lunak ini berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak high-end. Ini adalah Open Source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia, dan merupakan salah satu yang paling didownload dengan lebih dari 200.000 download dari rilis masing-masing. Fitur termasuk:
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada kelemahan dan beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut kelebihannya :
Blender
merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi
source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar
GNU General Public License yang digunakan Blender.
Karena
sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem
seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender
versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
Dengan
status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga
update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan
dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an
tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
Blender
merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku,
melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang,
selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi
dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia
bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu
membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
Blender
memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya. Coba cari
software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game
Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include
atau di bundling seperti Blender.
Blender
relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan
sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor
Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan
baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly
akan sedikit lebih lambat.
Tidak
perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di
dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima
masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file
secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender
Institute
Tampilan Awal pada Blender
REFERENSI
:
Video Dokumentasi Belajar
Pada
kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots)
dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar