Senin, 18 Agustus 2014

Kegiatan Belajar Ke Enam



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Yudi Riyadi
NIM/ No. Registrasi
:
11031410
Alamat email
:
myudiriyadi@gmail.com
Program/ Opsi
:
TKJ
Masa Persiapan Hari ke-
:
6
USBJJ
:
SEAMOLEC

Aktivitas Belajar di Kelas
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan tadi (100-200 kata).

Kegiatan Belajar Hari ke Enam

Selamat pagi kawan-kawan
Assalamu alaikum wr.wb

Kegiatan setiap pagi kami lakukan diawali dengan apel pagi terlebih dahulu di depan gedung GKU. Hari ke enam ini apel paginya lumayan pada kompak soalnya pas hari kemarina da penegasan dari Bu Ani bahwa apel pagi itu ada penilainnya juga dan buat nilai tambah pada mata kuliah, jadi anak anak banyak yang ikutan, bagus deeh bu ada penegasan sedikit.
Apel pagi ini diskusi tentang pembikinan jaket angkatan, diskusinya lumayan lama banyak yang berargumen. Salah satunya saya, saya berfikiran sangat setuju untuk membuat jaket angkatan ini sebagai salah satu identitas kekompakan. Kita berunding tentang biaya pembuatan untuk jaket tersebut.
Pada kegiatan belajar masa persiapan hari ke lima ini kita pertama belajar tentang “Teknopreneur” terlebih dahulu.kita disuruh untuk menceritakan kegiatan usaha kita dan rencana kedepannya mau seperti apa, tentang pengembangan usaha tersebut.
Kegiatan usaha yang saya lakukan Alhamdulillah sudah berjalan lama, sudah dua tahun berjalan. Usaha yang saya lakukan awalnya ketika saya masih duduk di Sekolah Menengah Kejuruan, waktu itu saya masih duduk di kelas dua SMK, pertama saya suka dengan membantu bantu mengetik dan menyelesaikan pekerjaan orang lain, saya masih ingat waktu itu saya mendapatkan uang Rp. 50.000. Bagi anak sekolah mendapatkan uang segitu saja sudah bangga karena hasil sendiri. Dari sana saya kepikiran untuk menawarkan jasa pengetikan, pembuatan desain, poster, kartu undangan dan sebagainya. Dan Alhamdulillah berkat keinginan saya pada waktu itu saya bisa membantu kedua orang tua untuk biaya sekolah, tidak meminta sepenuhnya untuk kebutuhan pribadi dan sehari-hari. Sampai sekarang usaha itu masih berjalan dan menerima orderan. Saya mencoba untuk mengembangkan usaha saya menjadi lebih besar lagi, tetapi karena untuk sa’at ini belum mempunyai modal yang cukup besar jadi belum bisa berkembang dan belum punya kios atau tempat jualan sendiri, hanya menerima pesanan saja, mudah mudahan kedepannya bisa berkembang. Sambal menjalankan usaha tersebut saya juga menjalin kerjasama dengan sebuah konveksi dimana saya menawarkan jasa pembuatan baju, kaos alahraga, seragam sekolah dan lain-lain (usaha dalam bidang konveksi). Walaupun omsetnya belum begitu besar tapi saya syukuri, bisa untuk nambah-nambah uang kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Saya juga memampa’atkan lahan tanah yang saya miliki walaupun masih milik orang tua, saya mencoba menanam pohon jati, pohon albiso. Dimana usaha ini lebih bergerak pada bidang investasi, dan hasilnya baru bisa didapatkan ketika nanti melakukan penebangan kalau sudah besar.
Saya berfikir bagaimana caranya saya bisa memajukan daerah saya, dimana daerah saya budaya dan pekerjaan masyarakatnya lebih banyak pada sector pertanian, saya berfikir saya pingin memajukan daerah saya dalam bidang pertanian dengan memampaatkan kemajuan teknologi.
Rencana lebih besar lagi yang saya cita-citakan yaitu saya mempunyai sebuah kontrakan atau perumahan dan saya sewakan kepada orang lain, dan mempunyai sebuah konveksi dan distro pakain yang bisa mempekerjakan orang-orang. Kemudian saya bercita-cita mempunyai sebuah stand atau ruko dimana orang bisa menikmati  makanan sambal bersantai, karena saya lihat makanan ini merupakan kebutuhan setiap orang, dimana saya padukan dengan suasana alam dan bisa sambal menikmati pemandangan. Saya harus mencari modal itu semua agar bisa tercapai.
Kemudian mimpi dan cita-cita yang lebih besar lagi yaitu saya mempunyai sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan agama dan sekolah, saya bercita-cita ingin membantu mereka yang tidak dapat merasakan sekolah dan pendidikan agama. Rencana sekolah yang saya mau buka yaitu Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Kejuruan. Semoga semua cita-cita yang selalu saya dambakan Allah memberikan jalan dan kemudahan-Nya.
Kendala atau kesulitan yang saya hadapi.
Sedikit kendala yang saya alami:
1.      Penyamapaian materinya terlalu cepat.
2.      Materi teknopeneurnya gak di bahas teori teorinya.

Video Dokumentasi Belajar
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

















Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya upload di Youtube.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar