Sabtu, 08 November 2014

Pengembangan Karakter

Lima arti penting mengikuti program D1 ITB:
1. Keinginan saya untuk bisa membahagiakan kedua orang tua melalui pendidikan terlebih dahulu;
2. Ingin membuat perubahan di sekitar tempat tinggal saya, khusunya di bidang teknologi dan tarap kehidupan kelurga dan masyarakat sekitar saya;
3. Memampa'atkan kesempatan emas ini dengan sebaik baiknya sebagai bekal kehidupan di masa dewasa, mimpi anak desa seperti saya bisa kuliah di ITB;
4. Menambah wawasan ke ilmuan di Universitas yang bersejarah di Indonesia;
5. Meraih kesuksesan di masa muda;

Lima penilaian
1. Tugas dan keinginan saya untuk bisa membahagiakan kedua orang tua sangatlah berarti bagi mereka, orang tua saya hanya tamatan SD jadi saya bertekad bulat agar bisa membuat mereka bangga tentunya saya harus lebih sungguh sungguh lagi dalam belajar. Penilaian saya belum belajar seoptimal mungkin dan  harus lebih baik lagi.
2. Saya belajar sedikit sedikit mengenalkan internet bagi lingkungan saya dan pemampaatannya,
3. Saya harus bisa memaksimalkan usaha dan do'a dalam memampa'atkan kesempatan ini.
4. Pengetahuan saya harus senantyasa bertambah dan bisa mengikuti perkembangan teknologi.
5. Meraih kesuksesan di masa muda harus saya perjuangkan dengan semangat kerja keras dan do'a dan tinggalkanlah kegiatan-kegiatan yang kurang bermakna.

Kegiatan sebelum mengikuti Program D1
04.00 - 05.00   Bangun Pagi
05.00 - 06.00   Mengkaji ayat al-qur'an dan Olahraga
06.00 - 07.00   Bantu bantu berez rumah
07.00 - 08.00   Membuat sarapan pagi dan makan
08.00 - 12.00   Berangkat Kerja
12.00 - 13.00   Pulang Bekerja
13.00 - 14.30   Tidur Siang
14.30 - 15.00   Bantu bantu keluarga
15.00 - 17.30   Belajar/baca - baca
17.30 - 20.00   Belajar bareng anak anak
20.00 - 22.00   Nonton TV
22.00 - 04.00   Istirahat

Kegiatan generik harian saya sekarang
04.00 - 05.00  Bangun pagi
05.00 - 06.00  Mandi pagi dan mengkaji ayat al-qur'an
06.00 - 07.00  Persiapan kerja
07.00 - 12.00  Bekerja di Sekolah
12.00 - 17.00  Kegiatan Belajar mandiri Perkuliahan, buka FB, LSKK, Edmodo dll
17.00 - 19.30  Istirahat malam
19.30 - 22.00  Baca-baca
22.00 - 04.00  Istirahat

Tahapan atau cara belajar saya selama ini
Belajar yang saya lakukan biasanya saya baca baca materi di waktu pagi sebelum adzan shubuh atau setelahnya, kemudian membaca materi materi pada malam hari sebelum tidur dan terkdang sambil mendengarkan musik atau belajar bareng teman di depan rumah atau tempat tempat tertentu yang enak.

Cara belajar mandiri :
1. Mengawali setiap pembelajaran dengan basmallah
2. Rajin dan aktif mengikuti pembelajaran dengan mengecek selalu edmodo, fb dan lskk setiap hari
3. Pastikan jaringan internet yang saya gunakan bagus
4. Banyak bertanya kepada yang lebih mengetahui
5. Aktif dalam setiap porum diskusi dan mencari cari sumber pembelajran lainnya di perpustakaan atau media sosial internet
6. Berdiskusi dengan teman-teman
7. Mendisiplinkan diri dengan jadwal kegiatan yang sudah di buat
8. Tidak banyak waktu yang di buang untuk kegiatan kurang berguna
9. Belajar di buat seindah mungkin dan senyaman mungkin yang saya lakukan terkadang sambil mendengarkan musik, mencari tempat baru dan suasana baru kemudian cari tempat yang agak sepi dari keramaian orang-orang
10. Setiap akhir pembelajaran akhiri dengan berdo'a.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar